9/07/2010

Sansa clip+ with Rockbox part2

Previously on masabhi.blogspot.com
..........
Kembali lagi bersama saia...
Rockbox? apa itu?
Kalo di situs resminya Rockbox.com penjelasannya adalah begini "Rockbox is an open source firmware for mp3 players, written from scratch. It runs on a wide range of players". Dengan kata lain, rockbox itu firmware yg bisa diinstal di berbagai mp3 player. Salah satunya adalah sansa clip plus. Trus nginstalnya gimana? apa hebatnya? Oke, akan saia coba jelaskan cara nginstalnya dulu. Sebenernya ada beberapa cara buat nginstal. Berikut ini cara yg paling mudah:
1. donlot file2 pendukungnya. bootloader dan firmware
2. colokin sansa clip plus ke komputer dengan mode MSC (bisa disetting di player). Kemudian ektrak file yg udah didonlot trus di-copy ke folder root sansa clip plus.
3. copot dari komputer trus restart dan firmware akan melakukan instalasi secara otomatis dan akan otomatis booting ke rockbox
Trus firmware originalnya gimana? Tenang saja, firmware aslinya masih bisa diakses dengan menahan tombol "home" ketika menyalakan player. Jadi seperti komputer yg diinstal dengan windhos dan linuks yg bisa dual booting, sansa clip plus ini juga seperti itu. Kalo mau dihapus gimana? Berhubung saia belum mencoba jadi saia belum bisa njelasin.
Trus bedanya sama yg original? Berikut saia jelaskan
1. Firmware original


Pada firmware yg ori hanya terdapat sedikit menu dengan fungsi2 standar seperti music player, fm radio, voice recorder. Settingan yg bisa diubah pun sangat terbatas seperti equalizer 5 band dan shuffle. tidak ada games
2. Firmware Rockbox


Menu dan fungsi yg ada lebih komplit. Ada file browser, database, setting, recording, fm radio, playlist, plugin dan system. Pada menu setting ada banyak sekali yg bisa diubah, misalnya untuk sound setting kita bisa mngubah bass, treble, balance, channel, stereo width, equalizer, dithering, timestretch dan kompresor. Bahkan untuk equalizer terdapat settingan yg lebih detail lagi seperti graphical EQ, precut, advanced EQ setting. Yang menarik adalah adanya fitur crossfeed, yaitu proses blending channel kiri dan kanan. Tujuannya biar suara yg keluar lewat head/earphone terdengar lebih natural seperti ketika mendengar dari speaker stereo.
Untuk recording pun ada settingan yg lebih detail. Kita bisa memilih format perekaman seperti mp3, wav, dan PCM wave, memilih bitrate, frequency, channel dll.
Fitur yg lain adalah penggantian theme atau tema. Theme bisa didonlot di situsnya atau bisa juga membuat sendiri. Dan yang mengejutkan adalah adanya fitur games dan aplikasi! Memang bukan game2 seperti ipod touch punya, secara sansa clip plus ini cm punya layar monokrom dan tombol terbatas. Game2 yg ada antara lain: blackjack, brickmania, bubbles, chess, jewels, maze, pong, snake, solitaire, sudoku dan tetris. Lumayanlah buat mengasah otak kalo gak ada kerjaan. Untuk aplikasinya ada alarm, battery_bench, calculator, calendar, metronome (buat maen musik cocok bgt), stopwatch dan text editor.
Selain fitur2 yang bertambah, sound quality yg dihasilkan pun menurut saia lebih bagus. Detail labih terdengar jelas. Staging dan separasi lebih baik. Suara2 masing alat musik dan posisinya terdengar jelas. Ketika saia mendengarkan lagu2 The Corrs yg unplugged terasa jelas sekali suara vokal andrea berada ditengah, gitar akustik Jim berada di kanan dan Anthony Drennan sebagai additional guitarist di kiri dengan karakter gitar yg terdengar beda, violin sharon di kiri, drum caroline di belakang dan suara orkestra Irish Film Orchestra berada dibelakang. Suara masing-masing instrumen pun tidak saling menumpuk. Serasa mendengarkan The Corrs secara live di barisan paling depan.


Akhir kata saia sangat puas dengan sansa clip plus ini secara keseluruhan terutama setelah ditambahi firmware Rockbox. Jadi, kalo suatu ketika saia terlihat autis (baca:asik dgn dunianya sendiri) dengan memakai earphone, mungkin itu saia sedang eargasm pake sansa clip plus ini. Sampai jumpa lagi di tulisan2 berikutnya yg belum pasti bakal keluar kapan. dadaaah...

10 Komentar:

Anonymous adhipras mengatakan...

Rockbox ini bisa diinstal di MP3 player merk lain ndak? semisal iPod abal-abal dari China gitu.. :D

7 September 2010 09.43  
Blogger Jaladri Abhirama mengatakan...

@adhipras
kalo di situsnya sih yg bisa cuman merk2 yg terkenal macam cowon, apple ipod,iriver, olympus, samsung, itupun ndak semua versi. Tapi katanya di handphone macam motorola juga bisa, tapi masih harus dioprek dulu biar bisa diinstal

7 September 2010 15.02  
Anonymous Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online mengatakan...

Selamat datang didunia blogger mas abhi.Semoga mas abhi senang blogger atau saya juga sebut dunia penuh cinta.

16 September 2010 12.51  
Anonymous Anonim mengatakan...

mantebbbb bangetttt mas emang kalo sudah di-rockbox... ogut langsung coba update setelah baca artikel panjenengan meniko... apalagi ogut amp pake fiio e5 lan IEM-nya dbE PR-18... whesss ewhess ewhessss, bablasss angine masss..
oya kalo panjenengan emang gandrung musik & audio, coba gabung dengan kawan2 di audiophile-id.com...

salam, mikomik939@yahoo.com

maturnuwun.

21 September 2010 17.22  
Blogger Jaladri Abhirama mengatakan...

@mikomik
dah ada kok akun di audiophile-id. Tapi cuman mengamati saja, ndak ikut nimbrung. hehe

24 September 2010 03.05  
Anonymous sangprabo mengatakan...

Mangstabbbb...!!!! Itu terus barang yang katanya harus dapet dari luar negri akhirnya beli dari manaa??? Kepingin beli juga nih, untuk Emak, kisaran harga berapa?

Btw, itu di tulisan pertama kok "sebelum lewat idul fitri lagi", hla kan idul fitrinya udah lewat Om? :D

24 November 2010 12.08  
Anonymous septo mengatakan...

trus gimana kabarnya ini barang? sudah tertimbun material vulkanik ini hehehe :-D

8 Desember 2010 01.38  
Anonymous Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

20 Desember 2010 14.56  
Blogger Jaladri Abhirama mengatakan...

wah lama gak buka blog sendiri
@Bo: cari aja di FJB kaskus Bo. Banyak kok.
@Nyept: Ho'o ki sudah hilang tertimbun material merapi
@BSCO: terima kasih

1 Januari 2011 17.45  
Anonymous ARmi mengatakan...

t'Rima kasih info dan saran'nya gan :D
keep update and post :)

4 April 2012 13.15  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda